66 Calon Panwascam dari 11 Kecamatan di Kabupaten Rote Ndao Ikuti Tes Wawancara

- Kamis, 20 Oktober 2022 | 09:00 WIB
Ketua Bawaslu Rote Ndao Tarsis Toumeluk (kiri) didampingi Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antarlembaga Demsi Toulasik (kanan), saat memberikan keterangan, Rabu (19/10/2022) petang. Foto: Victory News - Frangky Johannis
Ketua Bawaslu Rote Ndao Tarsis Toumeluk (kiri) didampingi Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antarlembaga Demsi Toulasik (kanan), saat memberikan keterangan, Rabu (19/10/2022) petang. Foto: Victory News - Frangky Johannis

ROTE NDAO, VICTORYNEWS - Setelah dinyatakan lulus seleksi tes tertulis dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT), calon anggota Panwalu Kecamatan mulai mengikuti tes wawancara, di kantor Bawaslu Kabupaten Rote Ndao, Rabu (19/10/2022) hingga Kamis
(20/10/2022).

Demikian disampaikan Ketua Bawaslu Rote Ndao Tarsis Toumeluk yang juga Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S), didampingi, Demsi Toulasik Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antarlembaga kepada rotendao.victorynews.id, Rabu (19/10/2022) petang.

Menurut Demsi Toulasik, dari hasil seleksi 150 orang calon anggota Panwascam yang lulus seleksi administrasi, Bawaslu Rote Ndao telah melaksanakan seleksi tes tertulis dengan menggunakan metode CAT, di mana berhasil lolos 66 orang calon yang mulai hari ini melaksanakan tahapan tes wawancara.

Menurutnya, ke-66 calon anggota Panwascam yang ikut tes wawancara tersebut berasal dari 11 kecamatan di Kabupaten Rote Ndao, di mana setiap kecamatan ada 6 orang calon yang dalam tahapan seleksi nantinya ditetapkan 3 orang yang mendapatkan nilai tertinggi sebagai Panwascam masing-masing kecamatan.

Baca Juga: Pemkab Rote Ndao dan Perum Bulog Kanwil NTT Tandatangani PKS Penyediaan Komoditi Pangan Dampak Inflasi

"Ke-66 calon yang lulus seleksi CAT ini punya kesempatan yang sama, nanti dalam wawancara ini akan kami gali lebih jauh terkait integritas, komitmen, motivasi, manejerial (kepemimpinan), kemampuan komunikasi, serta pemahaman dan penguasaan teknologi dalam mendukung tugas," kata Demsi.

Masih menurut Demsi, tes wawancara dilakukan dengan penilaian pembobotan, sehingga jika repakan penilaian itu ada peserta yang memperoleh nilai yang sama, maka akan dilihat lagi dari pengalaman kepemiluan.

Ketua Bawaslu Rote Ndao Tarsis Toumeluk menambahkan, dalam wawancara juga dinilai pengetahuan kewilayahan, yakni data dan hal-hal yang berhubungan erat dengan demografi wilayah yang bakal diawasi pada pelaksanaan Pemilu serentak dan Pilkada 2024.

Selain itu, tambah Tarsis, rekam jejak calon anggota Panwascam, seperti pengalaman hidup, pengalaman bekerja, organisasi yang pernah diikuti dan lingkungan sosial menjadi hal yang penting.

Halaman:

Editor: Frangky Johannis

Tags

Terkini

Terpopuler

X