Warga Kelurahan Busalangga Resah akibat Kemunculan SNU ODGJ Terduga Pelaku Pembunuhan yang Masih Berproses

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 15:46 WIB
Sejumlah warga Kelurahan Busalangga memberikan keterangan kepada awak media di kediaman salah seorang warga. Foto: Victory News - Frangky Johannis
Sejumlah warga Kelurahan Busalangga memberikan keterangan kepada awak media di kediaman salah seorang warga. Foto: Victory News - Frangky Johannis

ROTE NDAO, VICTORYNEWS - Kembalinya Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODJG) yang beberapa waktu lalu ditersangkakan Polres Rote Ndao sebagai terduga pelaku pembunuhan seorang Ibu Rumah Tangga (IRT), meresahkan warga Kelurahan Busalangga, Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao.

Berdasarkan informasi warga setempat, ODGJ berinisial SNU yang sejak 21 September 2022 lalu kembali ke rumahnya di Kelurahan Busalangga, Kecamatan Rote Barat Laut, pada Minggu (09/10/2022) malam melakukan tindakan yang membuat warga setempat resah dan merasa tidak aman atas kehadirannya. 

Pengakuan salah seorang warga Kelurahan Busalangga, Benyamin Ndu Ufi yang dikonfirmasi di kediamannya, Senin (10/10/2022), bahwa ODGJ tersebut sempat mengejar istri dan anaknya.

Benyamin mengungkapkan, dirinya dan masyarakat sekitar merasa bingung karna mereka sama sekali tidak tau apakah ODGJ sebenarnya sudah sembuh ataukah masih sakit. Karna warga kaget ODGJ tersebut berkeliaran bebas di lingkungan Kelurahan Busalangga.
 
"Tadi malam saya ada di Pantai Baru, kaget istri telpon memberitahukan bahwa SNU tiba-tiba mengejar mereka hingga mereka lari sembunyi dalam rumah. Saya langsung pulang rumah dan lapor ke Polsek Rote Barat Laut soal kejadian tersebut. Saya minta Polisi amankan dia karna kami warga di sini tidak tau apakah dia sudah sembuh atau sakit jiwa," ujar Benyamin.

Baca Juga: Bupati Paulina Serahkan Bantuan Kapal Tangkap bagi 7 Kelompok Nelayan di Rote Ndao

Menurutnya, keresahan warga itu sangat beralasan karena SNU sudah pernah membuat hal tidak baik karena menjadi terduga pelaku pembunuhan dan sampai saat ini proses hukumnya belum ada kejelasan apakah dia pelaku pembunuhan itu atau bukan.

Sehingga, kata Benyamin, warga takut kalau benar dia pelaku, bisa saja dia ulang lagi perbuatannya. Karena setahu kami dia terduga akan tetapi dalam pemeriksaan ternyata SNU mengalami gangguan jiwa, sehingga diperiksa kejiwaannya di Kupang. Namun kembalinya SNU dan berkeliaran di Busalangga ini apakah sudah sembuh atau belum.

"Kami di sini tidak mau gara-gara gangguan jiwa, nantinya kami bisa ikut jadi gangguan jiwa juga kalau dia bikin hal tidak baik pada keluarga kami. Makanya kami laporkan ke Polsek karena kami juga bingung dia ini sebenarnya masih sakit jiwa atau sudah sembuh," ujar Benyamin. 

Kapolsek Rote Barat Laut Ipda Esbon Toele saat di konfirmasi di salah satu rumah warga, Senin (10/10/2022), menjelaskan bahwa pihaknya telah merespon cepat laporan dari warga Kelurahan Busalangga atas keresahan yang dibuat oleh ODGJ tersebut.

Halaman:

Editor: Frangky Johannis

Tags

Terkini

Terpopuler

X