KPU Rote Ndao Gelar Rakor Persiapan Tahapan Verifikasi Faktual bagi Parpol Calon Peserta Pemilu Non Parlemen

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 14:00 WIB
Suasana Rakor Persiapan Tahapan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Parpol non Parlemen Calon Peserta Pemilu 2024, di aula New Ricky Hotel, Senin (10/10/2022). Foto: Victory News - Frangky Johannis
Suasana Rakor Persiapan Tahapan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Parpol non Parlemen Calon Peserta Pemilu 2024, di aula New Ricky Hotel, Senin (10/10/2022). Foto: Victory News - Frangky Johannis

ROTE NDAO, VICTORYNEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rote Ndao menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Tahapan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik (Parpol) Non Parlemen Calon Peserta Pemilu 2024.

Rakor tersebut dibuka Ketua KPU Rote Ndao Christian Daepanie di aula New Ricky Hotel Ricky Ba’a, Senin (10/10/2022).

Christian Daepanie dalam sambutannya mengatakan, Rakor tersebut merupakan awal yang baik sebelum pelaksanaan Verifikasi Faktual bagi parpol non parlemen atau yang mencapai ambang batas parlemen (parliamentary threshold) pada Pemilu 2019 dan partai baru yang lolos verifikasi administrasi KPU.

Ia berharap parpol memanfaatkan waktu yang ada dalam mempersiapkan segala sesuatu, baik domisili kantor, kepengurusan, dan keanggotaan masing-masing.

"Diharapkan pada saat tahapan verifikasi faktual berlangsung pada 15 Oktober hingga 4 Nopember 2022 mendatang, semua parpol dapat mempersiapakan seluruh persyaratan yang dibutuhkan," katanya.

Baca Juga: Percepatan Penurunan Stunting dan Eliminasi KIA, Pemkab Rote Ndao dan FKM Undana Tandatangani PKS

Komisioner KPU Rote Ndao Devisi Hukum dan Pengawasan Meysias FP Dama kepada wartawan usai kegiatan mengatakan, Rakor Persiapan Tahapan Verifikasi Faktual ini bertujuan menginformasikan kepada parpol untuk menyiapkan diri.

Menurut Meysias, pada saat verikasi administrasi saja masih ada pengaduan dari masyarakat baik laporan langsung ke KPU maupun lewat Bawaslu terkait pencatutan nama masyarakat sebagai anggota parpol tertentu tanpa diketahui oleh yang bersangkutan.

Untuk itu, lanjut dia, 11 parpol non parlemen yang akan dilakukan verifikasi faktual di lapangan terkait Kepengurusan dan Keanggotaan, mulai tanggal 15 Oktober hingga 4 November 2022 harus mempersiapkan diri secara baik.

Halaman:

Editor: Frangky Johannis

Tags

Terkini

Terpopuler

X