Kelompok Tani Desa Persiapan Lelain Dapat Bantuan 15 Unit Sumur Gali Dukung Pengembangan Hortikultura

- Senin, 19 September 2022 | 17:31 WIB
Ketua TBUPP Kabupaten Rote Ndao Leonard Haning (keempat dari kiri) ketika memantau exavator yang sementara menggali sumur di kompleks pertanian lahan kering Mamedeak, Desa Persiapan Lelain, Kecamatan Lobalain, Senin (19/09/2022). Foto: Victory News - Frangky Johannis
Ketua TBUPP Kabupaten Rote Ndao Leonard Haning (keempat dari kiri) ketika memantau exavator yang sementara menggali sumur di kompleks pertanian lahan kering Mamedeak, Desa Persiapan Lelain, Kecamatan Lobalain, Senin (19/09/2022). Foto: Victory News - Frangky Johannis

ROTE NDAO, VICTORYNEWS - Kelompok Petani (Poktan) Olefala, Dusun Tasioen, Desa Persiapan Lelain, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, sangat bersyukur karena mendapat bantuan 15 unit sumur gali untuk membatu usaha pertanian hortikultura di wilayah tersebut.

Sekretaris Desa Persiapan Lelain Jonathan Bessie yang ditemui rotendao.victorynews.id, Senin (19/09/2022), di kompleks pertanian lahan kering Mamedeak menjelaskan, bantuan 15 unit sumur gali tersebut merupakan bantuan yang difasilitasi oleh Ketua Tim Bupati Untuk Percepatan Pembangunan (TBUPP) Kabupaten Rote Ndao Leonard Haning bagi Poktan Olefala.

Menurut Jonathan, sebagian besar warga Dusun Tasioe, Desa Persiapan Lelain hidupnya bergantung pada tanaman hortikultura yang ditanam pada 2 kompleks pertanian lahan kering di wilayah tersebut, yakni kompleks Mamedeak dan Masidae.

Dikatakan Jonathan, luas 2 kompleks pertanian tersebut mencapai kurang lebih 30 hektare, di mana baru bisa tergarap sekitar belasan hektare saja karena berharap dari sumber mata air Mamedeak, barulah ditarik menggunakan pompa untuk menyirami tanaman hortikultura milik Poktan di 2 kompleks pertanian tersebut.

Baca Juga: Implementasi Pembelajaran Aku Cinta Indonesia, Murid TK Dharma Wanita Ba'a Kunjungi Bupati dan Wakil Bupati

"Lahan yang baru mampu digarap sekitar belasan hektare untuk ditanami pitsai, wortel, kol, kacang panjang, buncis, seledri, semangka, ubi-ubian, dan padi," katanya.

Sehingga, dengan adanya bantuan 15 unit sumur gali yang ditempatkan di 2 kompleks pertanian itu, maka para petani yang kesulitan air dapat terbantu dengan sumur-sumur yang ditempatkan langsung dalam kompleks pertanian itu.

Mewakili Poktan Olefala, kata Jonathan, kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Leonard Haning yang peduli kepada para petani di Dusun Tasioen, sehingga terbantu dengan 15 unit sumur gali ini.

Arnolus Bessie, warga RT 006/RW 007, Dusun Tasioen yang juga anggota Poktan Olefala menjelaskan, sejak zaman dahulu pasokan sayur-mayur ke sejumlah pasar mingguan di Kabupaten Rote Ndao berasal dari Dusun Tasioen.

Halaman:

Editor: Frangky Johannis

Tags

Terkini

X