Petani Desa Binaan Diminta Berupaya Meningkatkan Produksi, Jangan hanya Sekadar Memenuhi Persyaratan Assesmen

- Kamis, 8 September 2022 | 22:00 WIB
Anggota Dewan Juri Ayu Sri Liana Dewi didamingi Lavny Manesi, Kepala Desa Saindule, dan Kepala Capem Bank NTT Busalangga dan para petani, foto bersama di lahan pertanian di Desa Saindule. Foto: Victory News - Frangky Johannis
Anggota Dewan Juri Ayu Sri Liana Dewi didamingi Lavny Manesi, Kepala Desa Saindule, dan Kepala Capem Bank NTT Busalangga dan para petani, foto bersama di lahan pertanian di Desa Saindule. Foto: Victory News - Frangky Johannis

 

ROTE NDAO, VICTORYNEWS - Tim Juri Festival Desa Binaan dan Pendapatn Asli Daerah (PAD) Bank NTT 2022, Ayu Sri Liana Dewi meminta kepada para petani Desa Busalangga Timur dan Desa Saindule, Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao, harus terus berupaya tingkatkan produksi, jangan hanya sekadar memenuhi persyaratan assesmen.

"Jangan hanya saat akan dilakukan assesmen atau penilaian, baru para petani terlihat sibuk. Para petani harus terus berupaya meningkatkan produksi demi peningkatan kesejahtraan," kata Ayu Sri Liana Dewi.

Menurutnya, para petani Busalangga Timur dan Saindule harus bersyukur menjadi Desa Binaan karena sebagai bank milik pemerintah daerah, Bank NTT konsisten menjalankan misi sebagai pelopor dan penggerak ekonomi rakyat, menuju masyarakat sejahtera.

 Baca Juga: Ini yang Disampaikan Kepala Desa dan Petani Busalangga Timur kepada Dewan Juri Festival Desa Binaan Bank NTT

Dikatakan Kepala KPP Pratama Kupang itu, dalam dialog singkat dengan Kepala Desa Busalangga Timur Handry Deselvod Adu dan Kepala Desa Saindule Mikael O Leli besama para petani, ada sejumlah permasalahan yang mengemuka.

Yang menggembirakan, kata Ayu Sri Liana Dewi, rata-rata petani sudah mengetahui Kredit Mikro Merdeka Bank NTT, bahkan sebagian sudah mendapat fasilitas tersebut dalam berusaha.

Namun demikian, lanjut Ayu Sri Liana Dewi, sejumlah ada pula sejumlah kendala, di antaranya kesulitan pemasaran hasil panen hortikultura dan belum optimalnya peran BUMdes, serta perlunya peningkatan kapasitas petani masih dirasakan di 2 Desa Binaan Bank NTT tersebut.

Menurutnya, idealnya BUMDes harus didorong untuk berperan aktif untuk menampung hasil produksi hortikultura yang ada, dan sedapat mungkin menggunakan jejaring sosial membantu memasarkan, sehingga bisa menciptakan pemerataan kesejahteraan petani.

 Baca Juga: Lantamal VII Kupang Gelar Bakti Sosial Kesehatan HUT ke-77 TNI Angkatan Laut di Kabupaten Rote Ndao

Halaman:

Editor: Frangky Johannis

Tags

Terkini

X