Polsek Lobalain Pantau Penyaluran dan Distribusi BBM di SPBU untuk Antisipasi Penimbunan dan Kenaikan Harga

- Senin, 5 September 2022 | 10:42 WIB
Kanit Sabhara Polsek Lobalain Aipda Daud P Waang melakukan pemantauan langsung pengisian BBM di SPBU Kelurahan Metina, Senin (05/09/2022) pagi. Foto: Dok. Humas Polsek Lobalain
Kanit Sabhara Polsek Lobalain Aipda Daud P Waang melakukan pemantauan langsung pengisian BBM di SPBU Kelurahan Metina, Senin (05/09/2022) pagi. Foto: Dok. Humas Polsek Lobalain

ROTE NDAO, VICTORYNEWS - Dalam rangka mencegah terjadinya spekulasi oknum tertentu untuk mengambil untung besar dalam harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Pasukan DOBRAK Polsek Lobalain melakukan pengamanan di SPBU di wilayah hukum Polsek Lobalain, Polres Rote Ndao.

Pantauan rotendao.victorynews.id, menyikapi perkembangan situasi Nasional, khususnya terhadap kenaikan harga BBM, Senin (05/09/2022) sekitar pukul 08.30 Wita, personel DOBRAK Polsek Lobalain melakukan pengamanan di SPBU Kelurahan Metina, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao.

Kapolsek Lobalain Ipda I Gde Putu Parwata menjelaskan, pengamanan yang dilakukan merupakan antisipasi terjadinya penyalahgunaan BBM, baik dalam penyaluran dan pendistribusian, sehingga mencegah terjadinya penimbunan dan permainan harga.

Baca Juga: Kepala OJK NTT Ingatkan Masyarakat Rote Ndao untuk Selalu Berhati-hati dalam Berinvestasi

"Pengamanan di SPBU dimaksudkan untuk memantauan siapa saja yang mengisi BBM mulai dari sepeda motor, mobil, maupun pengisian menggunakan jerigen. Hal ini bisa teridentifikasi siapa saja yang melakukan pengisian dalam jumlah besar, sehingga bisa meminimalisir aksi spekulasi memanfaatkan situasi ini," katanya.

Menurutnya, selain pengamanan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan pendistribusian dan penggunaan BBM, personel Pasukan DOBRAK juga menyampaikan imbauan kepada para penjual BBM di wilayah hukum Polsek Lobalain agar tidak melakukan permainan harga dengan memanfaatkan situasi tersebut.

Menurutnya, kenaikan harga BBM sudah tentu akan berpengaruh pada tatanan sendi-sendi kehidupan, terutama dibidang transportasi dan imbangannya. Banyak cara yang mungkin dilakukan sebagai implikasi dampak kenaikan BBM tersebut.

Baca Juga: Tidak Tindaklanjuti Kelebihan Pembayaran Perjalanan Dinas, 15 Anggota DPRD Rote Ndao Diperiksa Polisi

Kapolsek Gde Parwata mengatakan, apabila ditemukan terjadi penyalahgunaan BBM dan memenuhi unsur pidana, pihaknya memastikan akan menindakan tegas oknum yang mencoba melakukan penimbunan dan menaikkan harga di atas batas kewajaran (HET).

Halaman:

Editor: Frangky Johannis

Tags

Terkini

X