Tenaga PPL di Kabupaten Rote Ndao Dapat Sosialisasi Aplikasi Be Pung Petani dari Dirut Bank NTT

- Sabtu, 3 September 2022 | 10:10 WIB
Suasana para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) se-Kabupaten Rote Ndao, mendengar pemaparan materi sosialisasi Be Pung Petani, di autotorium Ti'i Langga Permai, Senin (01/09/2022) petang. Foto: Dok.Humas Pemkab Rote Ndao
Suasana para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) se-Kabupaten Rote Ndao, mendengar pemaparan materi sosialisasi Be Pung Petani, di autotorium Ti'i Langga Permai, Senin (01/09/2022) petang. Foto: Dok.Humas Pemkab Rote Ndao

ROTE NDAO, VICTORYNEWS - PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur yang lebih dikenal dengan nama Bank NTT, bekerja sama dengan Dinas Pertanian Provinsi NTT dan Dinas Pertanian Kabupaten Rote Ndao, menggelar kegiatan Sosialisasi Aplikasi Be Pung Petani.

Sosialisasi diikuti Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Rote Ndao Salmun Haning dan Kepala Bidang Kelembagaan, Sarana dan Prasarana (KSP) Fola Panie, beserta 52 orang tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) se-Kabupaten Rote Ndao, di autotorium Ti'i Langga Permai, kompleks Perkantoran Bupati Rote Ndao, Senin (01/09/2022) petang.

Hadir dalam kegiatan Sosialisasi Be Pung Petani, diantaranya Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho, Kepala OJK NTT Japarmen Manalu, Kadis Pertanian NTT Lucky F Koli, dan Karo Perekonomian dan Pembangunan Lery Rupidara.

Dirut Bank NTT Alex Riwu Kaho dalam pemaparan mengatakan, Be Pung Petani merupakan salah satu program inovasi Bank NTT bekerja sama dengan pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan, serta pemerintah kabupaten/kota, dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan di Provinsi NTT. 

Baca Juga: Bank NTT KC Rote Ndao Resmikan Agen Laku Pandai 'Be Ju Bisa' di Kecamatan Rote Selatan 

Menurutnya, Aplikasi Be Pung Petani dapat menjadi solusi digitalisasi rantai supply dan demand (supply chain) untuk mengoptimalkan stabilitas supply dan demand produk pangan, menghubungkan antar pelaku usaha/petani, para PPL Dinas Pertanian dan permintaan pasar.

Hal ini, menurut Alex, untuk menggali potensi produk pangan dan peternakan yang sesuai permintaan pasar, distribusi bibit dan pupuk yang tepat sasaran kepada kelompok tani, masa panen yang terjadwal, distribusi produk pangan yang tepat sasaran dan pemasaran produknya.

"Manfaat penggunaan Aplikasi Be Pung Petani untuk petani, peternak dan pelaku usaha mikro-kecil adalah untuk peningkatan kualitas produksi (bibit, pupuk, lahan), kepastian pasar, penerapan teknologi, kelebihan produksi dimanfaatkan untuk industri lainnya, meningkatkan nilai tukar usaha pertanian, kesejahteraan petani, memperluas akses pasar, dan memotong jalur distribusi," katanya.

Sementara untuk off taker, kata dia, bermanfaat untuk kepastian produksi, kepastian pasar, kepastian distribusi dan kepastian penyediaan bibit dan pupuk.

Halaman:

Editor: Frangky Johannis

Tags

Terkini

X