Festival Rote Malole Upaya Konkret Pemkab Rote Ndao Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

- Kamis, 7 Juli 2022 | 09:40 WIB
Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, memukul gong saat membuka Festival Rote Malole, di auditorium Ti'ilangga Permai, kompleks kantor Bupati Rote Ndao. Foto: Victory News - Frangky Johannis
Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, memukul gong saat membuka Festival Rote Malole, di auditorium Ti'ilangga Permai, kompleks kantor Bupati Rote Ndao. Foto: Victory News - Frangky Johannis

ROTE NDAO, VICTORYNEWS - Festival Rote Malole diharapkan selain menjadi ajang promosi pariwisata, juga sebagai wadah penyaluran bakat dan talenta yang dimiliki putra-putri Rote Ndao yang mengikuti berbagai mata perlombaan dalam festival ini.

Demikian harapan Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu saat membuka
Festival Rote Malole tahun 2022, di auditorium Ti'ilangga Permai, kompleks perkantoran Bupati, Rabu (06/07/2022).

Sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Rote Ndao, yakni Mewujudkan Rote Ndao yang Bermartabat bertumpu pada sektor Pariwisata dan didukung Pertanian dan Perikanan, maka tema Festival Rote Malole tahun ini adalah 'Rote Ndao Bangkit, Maju dan Sejahtera bersama Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga: Jambore Ajang Pembentukan dan Pengembangan Talenta Anak-anak dan Remaja GMIT

Untuk itu, kata Bupati Paulina, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata harus mengkolaborasikan agenda tahunan ini menjadi lebih komprehensip sebagai ajang promosikan potensi wisata alam dan budaya yang khas, penyaluran bakat dan talenta putra-putri Rote Ndao, juga memberi ruang untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), memamerkan dan memasarkan produk-produk ekonomi kreatif, sehingga efek peningkatan ekonomi kerakyatan juga terjadi.

"Harapan saya kegiatan seperti ini jangan hanya berlangsung 2 hari, tetapi paling sedikt 1 minggu, kita juga dapat menunjang ekonomi kreatif bertumbuh. Panitia dalam hal ini Disparbud harus berkolaborasi untuk menyelenggarakan event-event kreatif dan inovatif yang melibatkan masyarakat sebagai bentuk sinergisitas dengan pemerintah," ujar Bupati Paulina.

Bupati Paulina juga berharap para peserta dapat terus mengasah keterampilan dan menjadi mitra yang baik dalam membangun Kabupaten Rote Ndao melalui sektor pariwisata.

Bagi pelaku UMKM, kata Bupati Paulina, harus menjadikan momen pameran ini sebagai sarana untuk mengembangkan inovasi produk yang memenuhi standar global, agar bisa bersaing di pasar lebih luas.

Foto bersama Bupati dan Wakil Bupati, Forkopimda, anggota DPRD, Sekda beserta jajaran, pempinan instansi vertikal, pimpinan Perangkat Daerah, pimpinan BUMN, BUMD, usai acara pembukaan. Foto: Victory News - Frangky Johannis

Halaman:

Editor: Frangky Johannis

Tags

Terkini

X