Personel Pasukan DOBRAK Polsek Lobalain Lakukan Penyuluhan bagi Warga di Wilayah Rawan Karhutla

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:12 WIB
Kapolsek Lobalain Ipda I Gde Putu Parwata (kanan) dan Kanit Sabhara Polsek Lobalain Aiptu Waang (kiri), foto bersama masyarakat, saat melaksanakan Operasi Bina Karuna Turangga 2022, di Desa Helebeik, Rabu (10/08/2022). Foto: Dok.Humas Polsek Lobalain
Kapolsek Lobalain Ipda I Gde Putu Parwata (kanan) dan Kanit Sabhara Polsek Lobalain Aiptu Waang (kiri), foto bersama masyarakat, saat melaksanakan Operasi Bina Karuna Turangga 2022, di Desa Helebeik, Rabu (10/08/2022). Foto: Dok.Humas Polsek Lobalain

ROTE NDAO, VICTORYNEWS - Personel DOBRAK Polsek Lobalain, Polres Rote Ndao, rutin melaksanakan penyuluhan dan imbauan kepada masyarakat dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Demikian disampaikan Kapolsek Lobalain Ipda I Gde Putu Parwata kepada rotendao.victorynews.id, di Mapolsek setempat, Kamis (11/08/2022).

Menurut Ipda Gde Parwata, hari ini pasukan DOBRAK Polsek Lobalain dibantu Bhabinkamtibmas Desa Lekunik dan Kelurahan Mokdale, melaksanakan kegiatan Patroli Dialogis, sekaligus penyuluhan dan imbauan kepada masyarakat Dusun Kandale, Desa Persiapan Loman, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao.

Sebelumnya, kata Gde Parwata, pada Rabu (10/08/2022), juga dilaksanakan kegiatan yang sama bagi masyarakat Desa Helebeik, Kecamatan Lobalain.

Gde Parwata menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari Operasi Bina Karuna Turangga 2022 di wilayah Kecamatan Lobalain, terutama di lokasi-lokasi yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Sasaran kegiatan Operasi Bina Karuna Turangga, kata dia, adalah masyarakat, aparat desa, dan para tokoh masyarakat, pada kawasan rawan kebakaran hutan dan lahan.

"Operasi Bina Karuna Turangga bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla, dengan memberikan imbauan dan penyuluhan kepada masyarakat, agar tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan pertanian dan perkebunan karena saat ini masyarakat sudah mulai mempersiapkan lahan untuk musim tanam Oktoter-Maret. 

Dalam kegiatan selama dua hari ini, lanjut Gde Parwata, personel Polsek Lobalain dibantu Bhabinkamtibmas desa masing-masing, menyambangi langsung warga di pemukiman yang padat penduduk, melakuka sosialisasi terkait dampak pembakaran hutan dan lahan, mengedukasi masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan jika ingin membuka lahan pertanian dan perkebunan, serta memberikan pemahaman terkait sanksi hukum terhadap kasus pembakaran hutan dan lahan.

Gde Parwata menambahkan, hasil yang ingin dicapai dalam Operasi Bina Karuna Turangga adalah:

Halaman:

Editor: Frangky Johannis

Tags

Terkini

Terpopuler

X