Pelaksanaan MTQ Merupakan Kunci Perbaikan Kualitas Sumber Daya Islami yang Berakhlakul Karimah

- Kamis, 23 Juni 2022 | 18:29 WIB
Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Untung Harjito (belakang, ketiga dari kanan), Kepala Kantor Kemenag Rote Ndao beserta staf, dan dewan juri dari LPTQ Provinsi NTT, foto bersama para Qori dan Qoriah, usai kegiatan pembukaan. Foto: Dok.Humas Pemkab Rote Ndao
Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Untung Harjito (belakang, ketiga dari kanan), Kepala Kantor Kemenag Rote Ndao beserta staf, dan dewan juri dari LPTQ Provinsi NTT, foto bersama para Qori dan Qoriah, usai kegiatan pembukaan. Foto: Dok.Humas Pemkab Rote Ndao

ROTE NDAO, VICTORYNEWS - Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) yang digelar saat ini, tidak hanya mendapatkan peserta terbaik dari beberapa kecamatan, yang nantinya sebagai utusan untuk mewakili Kabupaten Rote Ndao di MTQ tingkat Provinsi NTT.

Namun, lebih dari pada itu, penyelenggaraan MTQ ini adalah ikhtiar agar Al-Qur'an senantiasa dipelajari, dipahami, dan diamalkan, agar tumbuh minat yang tinggi untuk mendalami Al-Qur'an sebagai pedoman hidup. Sehingga, Syiar Islam ditempuh di antaranya melalui bidang seni, yang salah satunya MTQ.

Demikian disampaikan Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Untung Harjito, saat membacakan sambutan Tertulis Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu pada acara pembukaan MTQ XXIX Kabupaten Rote Ndao Tahun 2022, di aula kantor Kementerian Agama Kabupaten Rote Ndao, Kamis (23/06/2022).

Baca Juga: Irjen Kementan Jan Samuel Maringka beserta Rombongan Kunker di Kabupaten Rote Ndao

Menurutnya, berpijak pada Al-Qur'an dan Hadist, umat Islam wajib memperbaiki kualitas pribadi. Kunci perbaikan kualitas menuju sumber daya insani yang tangguh, tanggap, dan berakhlakul karimah, hanyalah jika Al-qur'an dan Hadist dibaca, dipahami, dan diamalkan.

Dikatakan Untung, pemerintah menyambut dengan hangat kehadiran seluruh kalifah dalam pembukaan MTQ ini, dan berharap penyelenggaraan MTQ ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses sesuai harapan kita bersama.

"Mudah-mudahan dengan kesuksesan penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Rote Ndao ini mampu menjadi sumber energi dan motivasi bagi masyarakat muslim Rote Ndao, secara khusus generasi muda muslim Kabupaten Rote Ndao untuk makin giat mengaplikasikan nilai-nilai luhur Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari," imbuh Untung.

Sebab dengan demikian, lanjut Untung, diharapkan lahir generasi Qur'ani yang akan mampu menerjemahkan Islam sebagai Rahmat bagi alam semesta, sekaligus menjadi generasi muda Islam Rote Ndao yang diharapkan ikut berpartisipasi aktif membangun Kabupaten Rote Ndao dari sisi kerohanian ke depannya.

Baca Juga: Buka Turnamen Futsal Antar Instansi, Bupati Paulina Lakukan Tendangan Bola Perdana

Dalam rangka menyokong keberhasilan MTQ ini, kata Untung, Pemkab Rote Ndao telah bersinergi mengoptimalkan seluruh potensi dan sumber daya yang ada, agar dapat memberikan pelayanan prima, kenyamanan, dan keamanan kepada seluruh kontingen.

Halaman:

Editor: Frangky Johannis

Tags

Terkini

Prahara Cinta Randy Badjideh

Senin, 9 Mei 2022 | 20:36 WIB
X