Lapas Kelas III Ba'a masih Tetap Berlakukan Kunjungan Online via Telepon dan Video Call

- Selasa, 24 Mei 2022 | 08:55 WIB
Yunus Fanggidae, salah seorang WBP (tengah) didampingi Kepala Lapas Kelas III Ba'a Daniel Saekoko (kiri) dan M Hasyim, staf Admsi Orientasi, saat memberikan keterangan, di ruang kerja Kalapas, Selasa (24/05/2022). Foto: Victory News - Frangky Johannis
Yunus Fanggidae, salah seorang WBP (tengah) didampingi Kepala Lapas Kelas III Ba'a Daniel Saekoko (kiri) dan M Hasyim, staf Admsi Orientasi, saat memberikan keterangan, di ruang kerja Kalapas, Selasa (24/05/2022). Foto: Victory News - Frangky Johannis

ROTE NDAO, VICTORYNEWS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Ba'a belum mengizinkan kunjungan tatap muka bagi keluarga atau kerabat Warga Binaan Pemasayarakatan (WBP) yang ingin membesuk.

Demikian disampaikan Kepala Lapas Kelas III Ba'a Daniel Saekoko yang dikonfirmasi rotendao.victorynews.id, Selasa (24/05/2022).

Menurut Saekoko, belum diizinkannya kenjungan tatap muka tersebut mengacu pada Surat Edaran Dirjen Pemasyarakatan (Dirjenpas) terkait penanganan Covid-19 yang belum dicabut hingga saat ini.

"Belum ada edaran terbaru dari Dirjenpas membolehkan tatap muka dalam kunjungan, sehingga kita masih berpedoman pada surat yang lama. Kita menunggu keputusan Dirjen, selama belum ada perintah, kita tidak berani malaksanakan kunjungan langsung," kata Daniel Saekoko.

Baca Juga: Kemensos RI Salurkan Bantuan bagi 8 Titik Lumbung Sosial di Kabupaten Rote Ndao

Meski belum mengizinkan kunjungan tatap muka, kata Daniel Saekoko, sebagai gantinya Lapas Kelas III Ba'a menerapkan sistem besuk melalui fasilitas telepon dan video call seperti yang selama pandemi Covid-19 dilaksanakan. Selain itu, juga diberlakukan penitipan barang melalui petugas Lapas.

"Keluarga dan kerabat WBP yang ingin membesuk masih dapat berkomunikasi melalui  telepon dan video call, dan memberikan makanan kepada WBP dan tahanan yang sedang menjalani masa hukuman," katanya.

M Hasyim, staf Admsi Orientasi Lapas Ba'a yang mendampingi Kalapas Saeoko menambahkan, nomor Hot Line yang digunakan untuk kunjungan online telepon dan video call adalah 085237137673 dan 081339419146.

Menurutnya, selama ini keluarga dan kerabat yang melakukan komunikasi dengan WBP terlayani dengan baik. Bahkan Kedutaan Inggris di Bali juga sering gunakan fasilitas video call untuk menghubungi warganya atas nama Marthin Paul L Klark yang sementara menjalani masa hukumannya di Lapas Kelas III Ba'a.

Halaman:

Editor: Frangky Johannis

Tags

Terkini

X